--> Skip to main content

Tips Mudah Jual Mobil Bekas Agar Cepat Laku

Tips Mudah Jual Mobil Bekas Agar Cepat Laku - Berbagai macam alasan yang mendasari bagi para pemilik mobil untuk menjual mobil kesayangannya ataupun mobil yang dipakai sehari – hari. Mulai dari ingin mengganti unit mobil dengan unit keluaran terbaru, bosan dengan unit lama, kebutuhan mendesak yang disebabkan hal lain dan tentunya para pemilik mobil bekas mencari cara mudah dan cepat agar unitnya terjual atau cepat laku.

Dari berbagai pengalaman yang telah banyak dibagikan oleh para pemilik mobil dimedia sosial, baik unggahan pribadi melalui stori medsos, forum jual beli, ataupun komunitas pemilik dan pecinta mobil tertentu banyak hal yang bisa dijadikan patokan agar menjual mobil bekas cepat laku.

Adapun komentar, atau pengalaman tersebut tentunya akan menjadi masukan berharga bagi para pemilik mobil lainnya dalam upaya menambah pengetahuan bagaimana seharusnya menyiapkan unit mobil agar mudah di jual dan tentunya dengan harga yang kompetitif. Berikut beberapa rangkuman dan  ulasan agar unit kendaraan anda cepat laku terjual.

Tips Mudah Jual Mobil Bekas Agar Cepat Laku

Tips Mudah Jual Mobil Bekas Agar Cepat Laku
Unit Kendaraan Berbahan Bakar Disel Yang Prima Cepat Laku Terjual Credit : TimyPapimacu


Pertimbangan Mengapa Orang Mau Membeli Mobil Bekas ( second )

Ketika pemilik kendaraan khususnya unit mobil bekas mengambil keputusan untuk menjual unitnya, tentu wajib mengetahui mengapa orang lain memilih membeli mobil bekas pakai. Sehingga pemilik unit kendaraan dapat dengan mudah menjual kendaraannya kepada peminat unitnya.

Pertimbangan Umum Para Peminat Kendaraan Bekas

- Banyaknya Pilihan Unit Mobil 

Bagi peminat kendaraan bekas, ataupun pengguna mobil yang sering gonta – ganti unit. Mobil bekas merupakan salah satu alternatif referensi untuk mengganti unit yang dirasa cukup banyak pilihan. Mobil bekas yang ditawarkan jumlahnya sangat beragam, mulai dari jenis mobil berbahan –bakar bensin maupun solar. 

Selain pilihan kedua tersebut, saat ini juga mulai banyak bertebaran pilihan mobil berkas menggunakan listrik ataupun jenis hybrid. Tentunya bagi konsumen yang hanya sekedar coba – coba unit dengan pilihan jenis listrik dan hybrid ini menjadi trend baru dalam dunia otomotif.

- Harga Unit Bekas Yang Cukup Terjangkau

Baik konsumen baru ataupun lama, salah satu alasan memilih unit bekas adalah harganya yang cukup terjangkau. Tentunya alasan harga ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan finansial pengguna.

Beberapa pengguna yang cukup cermat dalam perhitungan secara ekonomi, memiliki asumsi bahwa jika memilih mobil baru namun keuangan terbatas yang pada akhirnya jatuh pada pilihan kredit. Secara teori perhitungan akan lebih banyak mengalami kerugian. Sehingga pilihan membeli mobil bekas dengan harga terjangkau, kondisi dan performa yang prima akan jadi pilihan utama.

- Simpel Dan Proses Sederhana

Bisa dibayangkan jika konsumen pemula yang membeli mobil / unit kendaraan baru ketika membeli harus melalui proses yang cukup lama. Unit kendaraan / mobil setelah dilakukan pembayaran tidak dapat langsung dipakai, harus mengurus surat – surat terlebih dahulu.

Bahkan ada beberapa pengalaman pengguna yang harus menunggu mobil dikirim kerumah, bahkan harus menunggu adanya plat sementara agar bisa digunakan. Berbeda jika pengguna membeli mobil bekas. Begitu selesai transaksi pembayaran, unit kendaraan bekas dapat langsung digunakan.


Tips Mudah Jual Mobil Bekas Agar Cepat Laku

1. Performa Mobil Maksimal

Kondisi mobil bekas seringkali dalam keadaan yang kurang maksimal. Ini sangat berpengaruh terhadap persepsi / anggapan para calon pembeli. Maka dari itu perlunya perhatian khusus oleh pemilik mobil yang ingin menjual mobil bekasnya agar cepat laku.

Kondisi mobil bekas yang prima akan menjadi perhatian utama dari calon pembeli. Hindari adanya kerusakan kecil ataupun lainnya baik dari sisi mesin, cat, kinerja kelistrikan, tampilan luar dan dalam. Kondisi standar umumnya lebih disukai para konsumen mobil bekas.

Kuncinya adalah, semakin baik kondisi unit kendaraan bekas anda, maka ketertarikan calon pembeli akan semakin meningkat. Sebaliknya, semakin tidak terawat kondisi unit kendaraan bekas anda maka akan semakin rendah minat pembeli.  

2. Update Harga Pasaran

Ada baiknya sedikit anda mempelajari harga unit kendaraan / mobil bekas anda sesuai dengan harga pasaran ( tahun unit kendaraan ). Pada umumnya wilayah dimana registrasi kendaraan tersebut sangat mempengaruhi harga jual. Umumnya, semakin jauh nomor registrasi kendaraan anda dari pusat ibu kota, harga kendaraan bekas akan semakin naik. Begitu juga sebaliknya.  

Untuk memastikan harga kendaraan, anda dapat bertanya di forum jual beli kendaraan sesuai wilayah anda tinggal, atau juga memastikan dengan melihat – lihat dan mencari informasi harga jual melalui showroom di dekat tempat tinggal anda dengan membandingkan kendaraan sejenis baik tahun keluaran ataupun kondisi unit.

3. Persiapkan Surat – Surat Kendaraan 

Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah kelengkapan surat – surat kendaraan anda. Jika anda ingin menjual kendaraan secara online, sangat dianjurkan untuk tidak memposting langsung surat – surat kendaraan anda di media sosial. Hal ini bertujuan untuk menghindari penipuan yang marak dilakukan belakangan ini.

Pada postingan online, cukup lampirkan keterangan bahwa surat – surat / kelengkapan kendaraan anda lengkap dan berikut penjelasan mengenai kondisi perpajakannya. Jika ada calon pembeli yang ingin melihat kelengkapan, dapat ditunjukkan saat survey unit kendaraan / mobil bekas tersebut.


Tips Mudah Jual Mobil Bekas Agar Cepat Laku
Unit Kendaraan Bekas Yang Banyak Diminati

4. Berikan Kesempatan Test Drive

Salah satu hal yang dapat memberikan daya tarik tambahan kepada calon pembeli mobil bekas adalah kesempatan untuk merasakan langsung unit kendaraan yang akan dibeli. Ini bertujuan agar pembeli benar – benar bisa merasakan kondisi unit secara umum.

Sebelum memberikan kesempatan untuk melakukan uji coba pada kendaraan kita, ada baiknya memastikan bahwa calon pembeli kita benar – benar mampu untuk mengendarai mobil dengan baik. Agar tidak terjadi kembali kasus calon pembeli mobil bekas menabrak pada saat melakukan test drive.

Tentu hal ini nantinya akan sangat merugikan pemilik mobil yang ingin menjual unitnya. Belum laku malah terjadi hal yang tidak diinginkan. Berhati – hati lebih baik sebelum terjadi hal tersebut.

5. Beri Kemudahan Dalam Melakukan Pembayaran

Saat ini untuk melakukan transaksi jual beli tidaklah sesudah jaman dahulu, dimana calon pembeli dan penjual harus bertemu dengan membawa sejumlah uang tunai. Menghitung sejumlah uang yang mungkin jumlahnya cukup besar apabila unitnya laku dengan harga yang tinggi.

Cukup sediakan rekening bank yang dapat terhubung langsung dengan smartphone anda, berikan layanan yang mudah, simpel, dan tentunya cepat. Pembeli yang diberikan dalam hal transaksi pembayaran mobil bekas tentunya akan lebih tertarik dan kemungkinan besar mobil anda akan cepat laku terjual.

Pastikan sesudah melakukan transaksi pembayaran via digital, saldo rekening anda bertambah. Modus hanya menunjukkan bukti transfer sudah sangat banyak memakan korban. Jadi sebelum menyerahkan unit kendaraan hal tersebut jadi perhatian utama anda.

6. Hindari Menggunakan Jasa Calo

Marak penipuan oleh para oknum calo yang memanfaatkan kelemahan baik dari sisi penjual maupun pembeli. Oknum calo ini biasanya hanya mau bertansaksi tanpa bertatapan wajah. Mereka menggunakan modus mengarahkan calon pembeli dan penjual agar menuruti apa yang mereka inginkan.

Hal yang sangat harus dihindari adalah melakukan transaksi pembayaran lewat calo, karena ini dimungkinkan akan terjadi penipuan. Jika anda terpaksa menggunakan jasa calo maka sebaiknya ada kejelasan mengenai berapa fee yang diminta untuk jasa menjualkan unit kendaraan tersebut sebelum dilakukan transaksi.

Pastikan pembayaran hanya dilakukan langsung antara pembeli dan penjual. Dan ketika kesepakatan pembelian telah terjadi, anda dapat memberikan jasa penjualan mobil bekas yang telah laku terjual sesuai dengan kesepakatan diawal. 

Semoga informasi Tips Mudah Jual Mobil Bekas Agar Cepat Laku ini dapat berguna bagi anda yang ingin segera mengganti unit lama dengan unit kendaraan baru, ataupun ada kebutuhan mendesak yang mengharuskan anda untuk menjual unit kendaraan kesayangan anda.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar