--> Skip to main content

3 Penyebab Utama Radiator Bocor Pada Panther 2.3 Dan 2.5

3 Penyebab Utama Radiator Bocor Pada Panther 2.3 Dan 2.5 - Radiator merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, dimana komponen ini memiliki fungsi utama untuk mendinginkan mesin mobil agar tidak overheat yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.

Bentuk dan model radiator ini rata-rata hampir sama, yang membedakan mungkin ukuran dan bahan pembuatnya.

Radiator pada kendaraan memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga agar suhu mesin tetap stabil pada suhu kerja agar tidak overheat. Untuk itu radiator perlu dirawat dengan baik.

Masalah yang sering hinggap pada radiator biasanya adalah kebocoran, baik itu kebocoran halus yang tidak terlihat oleh mata maupun kebocoran besar yang dapat dideteksi menggunakan mata kita.

Ciri-ciri radiator bocor biasanya bisa dilihat dari berkurangnya jumlah air radiator di tangki cadangan, sehingga kita harus selalu menambah dan menambah cairan pada tangki reservoir.

Itupun jika ketahuan, jika tidak ketahuan dan tidak sadar ada kebocoran, bisa dipastikan air radiator akan berkurang banyak sehingga indikator temperatur mesin akan naik.

3 Penyebab Utama Radiator Bocor Pada Panther 2.3 Dan 2.5

Untuk kebocoran halus yang tidak dapat kita cek dengan mata sendiri, kita memerlukan alat yang disebut “PRESSURE GAUGE” dimana cara kerjanya adalah dengan memompakan sejumlah udara dengan tekanan tertentu ke dalam radiator.

Tekanan tambahan ini nantinya akan mendorong air keluar melalui lubang yang menyebabkan kebocoran tersebut sehingga kita mengetahui letak kebocorannya. Pengukur tekanan ini tersedia di bengkel radiator dan bengkel mobil.

Untuk kebocoran yang lebih besar atau lebih parah, biasanya tanpa pengukur tekanan, Anda akan melihat rembesan air menetes saat mobil diparkir.

Pada edisi kali ini, kami akan membagikan beberapa hal yang dapat menyebabkan kebocoran pada radiator mesin agar Anda dapat dengan mudah mengambil keputusan untuk memperbaiki atau mengganti radiator yang bocor. Untuk itu, silahkan baca baik-baik penjelasan di bawah ini.

1. Radiator bocor karena usia

Salah satu penyebab radiator bisa bocor adalah karena usia komponen radiator mobil. Jika sudah tua, ketahanannya terhadap panas mulai berkurang dan lama kelamaan beberapa komponen akan retak dan mengalami kerusakan/bocor.

Hal ini sering dialami oleh model radiator baru yang kepala radiatornya terbuat dari plastik, seperti Avanza, Xenia dan mobil baru lainnya.

2. Radiator bocor karena terkena benda asing

Terkadang saat kita melintasi jalanan berkerikil dan berbatu, ada kalanya batu atau kerikil tersebut terlempar ke dalam gril radiator yang tentunya hal ini dapat langsung membuat gril pecah dan air pendingin radiator keluar dari lubang ini.

Sayangnya hal yang satu ini tidak bisa dihindari, Anda bisa memperbaiki radiator bocor ini dengan cara menambal lubang bocor menggunakan lem besi dengan ketelitian tinggi.

3. Radiator bocor karena stopkontak tersumbat

Mobil yang jarang dirawat terutama pada bagian radiator akan menimbulkan endapan berupa lumpur dan karat yang terbentuk pada bagian dalam gril radiator maupun pada selang pembuangan dari radiator yang masuk ke dalam mesin.

3 Penyebab Utama Radiator Bocor Pada Panther 2.3 Dan 2.5

Jika tumpukan karat dan lumpur ini tersumbat, bisa dipastikan air di radiator tidak bisa lagi masuk ke ruang mesin, sedangkan air panas dari dalam mesin akan terus mengalir ke radiator.

Head radiator yang menyebabkan air di dalamnya merembes sedikit demi sedikit hingga habis. Untuk itu, pastikan Anda selalu mengganti air radiator secara berkala untuk menghindari kerak, lumpur atau karat.

4. Radiator bocor karena kualitas bahan atau barang yang kurang baik

Nama-nama benda buatan manusia tentu saja tidak sempurna, tentu saja ada masalah seperti kualitas yang buruk antara satu bagian dengan bagian lainnya meskipun diproduksi oleh pabrikan yang sama.

Beberapa komponen yang sering mengalami kerusakan pada sistem radiator adalah selang bypass radiator yang terbuat dari plastik, terkadang komponen tersebut dapat retak dan mengalami kebocoran cairan radiator yang drastis.

Untuk itu di beberapa bengkel resmi ada yang namanya improve parts, dimana parts atau komponen yang sering rusak akan dianalisa dan dicari atau komponen baru dibuat dengan bahan yang lebih baik dan tahan lama, kemudian pihak dealer akan memanggil unit mobil yang bermasalah tersebut untuk diganti.

Penyebab kebocoran radiator sangat beragam, mulai dari umur komponen yang sudah di press atau matinya part tertentu sehingga terjadi kebocoran.

Salah satu contoh kebuntuan yang terjadi pada area selang dari radiator ke tangki cadangan jika tersumbat karat juga bisa menjadi penyebab radiator bocor.

Beberapa lokasi yang sering terjadi kebocoran biasanya di bagian atas dan bawah sambungan selang radiator, di selang duct yang menuju ke mesin turbo, di selang yang menuju ke oil cooler, di bagian header atau bawah radiator, di gril radiator di segel pompa air.

Biaya Servis Radiator Panther

Jika diketahui radiator mobil mengalami kebocoran, agar tidak khawatir dan menyebabkan mesin overheat, tentunya kita perlu memperbaiki / menambal kebocoran tersebut bukan?

Lalu berapa biaya servis kebocoran radiator umum?

Dari pengalaman penulis sendiri, setiap Wara Wiri memiliki radiator yang diservis oleh tukang reparasi radiator. Harga rata-rata berkisar antara 150 ribu hingga 250 ribu rupiah.

Itu tergantung apakah Anda melepas radiator sendiri dan mengirimkannya ke tukang reparasi radiator, atau jika unit Anda dibawa ke radiator dan tukang reparasi akan melakukan pembongkaran.

Menurut pengalaman penulis, saya lebih memilih untuk membongkar sendiri radiatornya di rumah, kemudian membawa radiator tersebut ke spesialis radiator untuk mengelas bagian yang bocor, sekaligus servis bagian dalamnya.

Servis bagian dalam radiator ini perlu dibongkar dengan mesin las, dicuci, digosok dan digosok karat yang menempel pada saluran di gril radiator hingga bersih dan dipasang kembali.

Jika kita melepas radiator sendiri, biaya servisnya relatif murah. Di bengkel radiator, tambal kebocoran dan langganan servis hanya dipatok 150 ribu, non langganan bisa sampai 200 ribu.

Kalau tukang reparasi radiator bongkar dan rakit unit mobil dari dan ke mobil, harganya bisa lebih mahal lagi, kemungkinan di atas 200 ribu karena pemilik bengkel radiator akan dikenakan biaya bongkar pasang.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, jika Anda sering menambahkan cairan radiator, ada baiknya Anda memeriksakan mobil Panther kesayangan Anda ke bengkel biasa untuk mengecek kebocoran dan tindakan apa yang harus dilakukan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar