--> Skip to main content

Tips Mudah Cara Meredam Suara Mesin Mobil Masuk Ke Dalam Kabin

Banyak pengguna mobil yang baru membeli unit kendaraan mengalami kebisingan yang cukup parah ketika berada di dalam kabin. Terlebih lagi para pengguna mobil berbahan bakar diesel. Sehingga mencari cara bagaimana meredam suara mesin mobil agar tidak masuk ke dalam kabin.

Namun hal ini tidak akan terjadi kepada pengguna kendaraan yang harga kendaraannya lebih dari 350 juta karena mayoritas kendaran dengan harga tersebut telah dilengkapi dengan peredam suara mesin mobil yang cukup baik sehingga tidak akan mengganggu para penggunanya.

Maka dari itu bagi pengguna kendaraan yang ingin mengetahu bagaimana cara mudah untuk meredam suara mesin mobil agar tidak masuk dalam kabin, sehingga perjalanan anda akan terasa lebih nyaman. Simak ulasan berikut ini.

Tips Mudah Cara Meredam Suara Mesin Mobil Masuk Ke Dalam Kabin

Tips Mudah Cara Meredam Suara Mesin Mobil Masuk Ke Dalam Kabin
Pemasangan Peredam Suara Pada Panel Lantai Mobil


Kenali Lokasi Dan Tempat Yang Membutuhkan Peredam Suara

Bagian mobil yang membutuhkan peredam suara tentunya sangat banyak dan memiliki karekteritik yang berbeda – beda. Namun bagi pengguna yang ingin memasang sendiri peredam suara khususnya yang berasal dari mesin dapat menggunakan langkah – langkah yang sederhana namun tetap memperhatikan beberapa hal berikut :

1. Dimulai dari sumber suara yang menyebabkan kebisingan, yakni biasanya di mulai dari ruang mesin di bagian depan kendaraan. Disini untuk meredam suara mesin yang masuk ke kabin dapat digunakan beberapa macam kombinasi bahan peredam. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi resonansi, getaran mesin, serta dimaksimalkan untuk menyerap gelombang suara yang ditimbulkan oleh mesin,

2. Penggunaan peredam yang sifatnya menyerap suara dan penambahan bobot untuk mengurangi getaran bertujuan agar kebisingan dapat dikurangi semaksimal mungkin, khususnya pada sisi bawah kap mesin (tutup mesin), dinding – dinding yang juga dapat mengurangi panas mesin berlebih sehingga getaran dapat berkurang,

3. Gunakan juga peredam yang membatasi antara ruang mesin, dan kabin dimana banyak juga terdapat lubang – lubang yang menjadi jalur kabel antara ruang mesin dan kabin. Penggunaan bahan foam sangat membantu meredam suara khususnya yang melewati lubang – lubang kabel. Pastikan semua lubang tertutup dengan rapat.

Penggunaan lem tambahan untuk merekatkan peredam sangat dianjurkan karena ruang mesin yang memiliki panas berlebih biasanya dapat memperpendek umur perekat bawaan bahan peredam,

4. Penempatan peredam juga dilakukan pada didinding sisi dalam kabin yang terhubung dengan ruang mesin, bahan yang dapat menyerap panas sangat disarankan untuk ditempatkan di sisi ini dengan tujuan agar panas mesin tidak masuk ke kabin dan membuat kinerja pendingin yakni AC menjadi lebih berat,

5. Gunakan pelapis peredam suara pada sisi panel – panel pintu guna meredam kebisingian dari luar kendaraan, jika diperlukan anda dapat menggunakan semprotan busa peredam suara di tempat – tempat yang sulit dijangkau. Ini sangat membantu untuk meredam suara baik dari mesin maupun suara dari luar kendaraan.

6. Tempatkan juga lapisan peredam disepanjang area lantai mobil, area persneling, dan jika diperlukan kombinasi peredam untuk suara dan peredam untuk panas pada dinding dan juga atap kabin mobil anda. Tentunya anda harus membuka lapisan penutup ( interior ) bagian atas sebelum menempelkan peredam mobil pada bagian atap.


Jenis Material Peredam Suara Mobil 

Umumnya memilih jenis peredam suara mobil baik yang berasal dari mesin maupun dari luar kabin tidaklah sulit. Sedangkan untuk mengaplikasikan pemasangan material peredam ini cukup mudah dan dapat dikerjakan sendiri.

Namun perlu diketahui apa saja jenis materila bahan peredam yang cocok untuk dipakai. Pada umumnya jenis material peredam suara mobil yang banyak di gunakan dan tersedia dipasaran terdiri dari 3 jenis yakni berbahan foam atau busa, aspal, dan jelly.

1. Foam atau Busa

Material peredam yang sekaligus berfungsi sebagai isolator ini berbentuk seperti foam atau busa. Memiliki keutamaan fungsi untuk mencegah kebisingan yang berasal dari sumber suara. Namun beberapa merk juga saat ini memberikan tambahan fungsi pada lapisannya untuk membantu memblok panas akibat mesin maupun panas matahari.

Material peredam suara ini pada mobil dapat diaplikasikan pada lapisan kabin atas maupun batas antara blok mesin dan kabin. Untuk material ini tergolong paling ringan diantara jenis material lainnya. Sehingga tidak berdampak signifikan terhadap bobot mobil anda.

2. Jelly

Material peredam suara mobil berikutnya yang banyak digunakan adalah peredam berbahan jelly. Material peredam suara berbahan jelly ini lebih banyak dipakai disebabkan bobotnya tergolong menengah. Material ini banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan peredam suara khususnya di bagian panel pintu mobil.

Rata – rata produk peredam bermaterial jelly ini memiliki kisaran berat antara 1,3 kg hingga 1,5 kg perlapis. Keuntungan lain material peredam berbahan jelly lebih mudah diaplikasikan karena proses pemasangannya tidak membutuhkan tambahan perekat lagi. Umumnya peredam suara ini dilapisi dengan aluminium foil yang berfungsi ganda untuk meredam panas.

3. Aspal

Material peredam suara mobil selanjutnya adalah aspal, dimana material ini lebih kaku dibandingkan dengan jelly. Khusus dalam proses untuk memasangnya, tambahan piranti lain yang perlu anda siapkan yakni memerlukan alat pemanas dan juga lem. 

Untuk jenis ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan peredam suara mobil lainnya karena dapat meredam suara bising lebih baik terutama pada blok mesin. Namun dibalik kelebihannya, material peredaman ini tergolong lebih berat. 

Semisal saja dalam pemasangan peredam suara aspal pada bagian panel pintu, diperlukan hingga 2 lapis peredam aspal dengan bobot sekitar hampir 3 kg. Maka pertimbangan lain dibutuhkan dalam memilih jenis ini karena peredam suara kebisingan dari material aspal menyebabkan bobot mobil menjadi lebih berat.


Langkah Mudah Cara Pasang Peredam Suara Mobil


Terlebih dahulu setelah memahami dan memutuskan untuk menggunakan jenis material peredam yang akan digunakan pada mobil kesayangan anda. Maka ada baiknya jika ingin memasang peredam suara mesin mobil dan suara dari luar kabin. Hitunglah kebutuhan, dan belilah material sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Untuk tahapan langkah pemasangan peredam suara mobi yang sudah anda pilih tadi, ada baiknya simak ulasan berikut ini : 

1. Lepas seluruh bagian atau panel – panel yang nantinya akan anda pasang peredam suara. Dimulai dari Jok, karpet, panel – panel lain, serta dinding panel pada bagian pintu – pintu yang ada di kendaraan anda.

2. Untuk pemasangan dibawah dasboar, anda tidak perlu melepas bagian dashboar kendaraan. Nanti cukup anda bersihkan saja pada bagian bawah dashboard mobil anda.

3. Pada proses pelepasan doortrim dan panel lainnya baik pada bagian pintu pastikan anda berhati – hati agar kabel – kabel tidak sampai putus. Beri tanda pada bagian – bagi yang dilepas agar memudahkan saat pemasangan kembali.

4. Untuk kabel- kabel yang ikut dilepas, beri tanda dan keterangan agar saat proses pemasangan kembali kabel dapat terpasang sesuai dengan fungsi awalnya. Dan tempatkan kabel – kabel pada posisi semula. Jika dibutuhkan jalur, anda nanti dapat melubangi bahan peredam suara mobil yang ditempelkan ketika menghalangi jalur kabel listrik mobil.

5. Bersihkan seluruh bagian yang sudah dilepas dari berbagai macam kotoran yang menempel. Biasanya terdapat banyak debu, tanah, dan juga oli pelumas yang biasanya menempel bersama dengan kotoran lain.

Anda dapat menggunakan cairan pembersih yang sifatnya membantu pembersihan, hindari menggunakan bahan pembersih yang berbahan kimia kuat. Karena hal tersebut dapat menciptakan korosi pada body kendaraan anda.

6. Jika terdapat bagian bodi yang berkarat dan akan di tempel oleh bagian material peredam suara mobil, pastikan anda membersihkan bagian body mobil yang berkarat tersebut dengan cairan anti karat. Jika diperlukan, beri lapisan anti karat yang mudah didapat seperti sengkote / plengkote yang tersedia di toko bangunan.

7. Setelah bersih, anda dapat menempelkan peredam suara mobil tersebut dengan membentuk pola terlebih dahulu sesuai dengan bagian dinding yang akan ditempeli oleh peredam suara tadi. Jika diperlukan, anda dapat memberi lem tambahan.

8. Untuk bagian panel pintu, tempelkan peredam tersebut di bagian lapisan dalam. Bukan pada lapisan bodi mobil. Dimana terdapat 2 lapisan pintu sisi luar dan sisi dalam. Bagian yang ditempel ini biasanya berlubang tempat door trim menempel.

9. Untuk bagian bawah dasboard, tempel langsung peredam suara mobil tersebut tanpa melepas dashboard. Begitu juga pada bagian blok mesin. Gunakan peredam suara yang memiliki fungsi sebagai peredam panas juga.

10. Pada bagian bawah kap mobil, disarankan menggunakan peredam yang memiliki fungsi untuk meredam panas atau menolak panas yang ditimbulkan oleh mesin mobil. Hal ini bertujuan selain meredam suara dan getaran, juga menjaga keawetan cat pada kap mobil.

Apabila dirasa semua peredam suara mobil tadi sudah terpasang, maka pasang kembali bagian-bagian mobil yang sebelumnya dilepas seperti konsol, jok mobil, serta karpet lantai. Pastikan untuk mengaitkan kembali baut dan juga sekrup seperti keadaan semula. Sambung serta rapikan posisi kabel-kabel dengan rapi dan sesuai dengan keadaan semula.


Tips Agar Pemasangan Peredam Suara Pada Mobil Efektif

Gangguan kebisingan pada kabin mobil umumnya berasal dari suara yang ditimbulkan oleh  mesin diesel mobil, sedangkan pada mesin berbahan bakar bensin disebabkan adanya celah pada bagian pintu serta lubang – lubang pada bagian bawah dashboard yang masuk hingga ke bagian kabin.

Maka tujuan dari pemasangan material peredam suara mobil adalah demi mengurangi suara bising agar tidak menembus ke bagian kabin sehingga kenyamanan pengendara dapat terjaga. Secara umum agar mengurangi kebisingan pada mobil dengan pemasangan peredam suara, berikut tips beberapa hal yang harus dilakukan :

- Pastikan sumber kebisingan dengan pasti. Dengan mengetahui sumber asal kebisingan, maka tujuan pemasangan peredam suara mobil bisa dapat tercapai dengan baik.

- Gunakan material yang sesuai dengan posisi dimana target meredam suara akan dilakukan, mayoritas pabrikan mobil memasang hampir peredam suara diseluruh bagian mobil agar kenyamanan dapat maksimal

- Penambahan lapisan anti bocor pada lantai mobil bagian luar, dapat membantu peredaman yang berasal dari arah bawah khususnya mobil yang memiliki ground clear rendah. 

- Kualitas bahan yang digunakan dangat mempengaruhi sejauhmana peredaman suara dapat maksimal. Peredam yang baik adalah peredam yang memiliki kontur kepadatan material yang tinggi karena tidak akan mudah rusak atau bolong saat dipalikasikan pada panel mobil.

Dari beberapa tips tersebut, pastikan memilih peredam yang sesuai dengan budget kantong anda, Jangan sampai terjadi overbudget. Bagi anda yang mengikuti Tips Mudah Cara Meredam Suara Mesin Mobil Masuk Ke Dalam Kabin, solusi lain jika ingin menggunakan peredam berkualitas tinggi namun isi kantong tipis. Anda dapat mencicil pemasangan secara bertahap. Semoga bermanfaat.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar