--> Skip to main content

4 Kerusakan Kopling Panther Yang Sering Terjadi

Kerusakan Kopling Panther Yang Sering Terjadi - Hampir semua kendaraan bermotor memiliki kopling sebagai komponen yang mengatur dan menyalurkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke transmisi yang selanjutnya akan disalurkan ke roda agar mobil dapat berjalan.

Mobil dengan transmisi manual seringkali mengalami kondisi dimana pedal kopling mobil tiba-tiba terasa berat seiring berjalannya waktu sehingga membuat kita harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengoperasikannya.

Selain itu, jika mobil sering terjebak macet seperti yang terjadi di kota besar seperti Jakarta dan lain sebagainya, tentunya akan membuat kita kesal dan mengeluh karena kenyamanan kaki dan lutut sering terasa pegal.

Penyebab pedal kopling ditekan keras pada mobil bertransmisi manual bisa bermacam-macam, namun yang pasti biasanya adalah kurangnya perhatian dari pengguna dalam merawat mobil atau pengemudi sendiri yang terkesan salah atau ugal-ugalan menggunakan kendaraan.

Kerusakan Kopling Panther Yang Sering Terjadi

Pada mobil bertransmisi manual tentunya kita akan sangat familiar dengan pedal kopling bukan? Untuk jenisnya sendiri terbagi menjadi 2, yang pertama adalah kopling konvensional yang masih menggunakan kabel bolak balik, dan yang kedua adalah kopling hidrolik yang digerakkan dengan memanfaatkan tekanan fluida.

Penyebab Pedal Kopling Keras Pada Panther 2.3 Dan Panther 2.5

Hal-hal yang dapat membuat pedal kopling terasa berat antara lain sebagai berikut:

Kabel Kopling Panther macet

Kabel kopling yang macet pada transmisi manual non-hidraulik bisa menjadi penyebab utama mengapa pedal kopling terasa berat saat diinjak.

Apalagi jika mobil tersebut jarang digunakan akan memperparah keadaan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba memasukkan pelumas seperti WD40 ke saluran kabel kopling sambil menekan pedal hingga pedal terasa lebih ringan.

Master Kopling Bawah Panther Macet

Pada kendaraan manual dengan sistem kopling yang sudah menggunakan hidrolika, pin master di bawah tang macet, yang bertanggung jawab untuk menekan pegangan tuas, sehingga diperlukan tenaga ekstra untuk mengoperasikannya.

Untuk memeriksa dan memastikan hal ini, komponen yang macet perlu diganti daripada diperbaiki karena umur perbaikan biasanya singkat.

Lapisan Kopling Sudah Aus

Meski terdengar aneh, ternyata pedal kopling yang aus juga bisa membuat pedal kopling terasa berat saat diinjak. Untuk mengecek kampas kopling apakah sudah aus atau masih bagus tidak perlu dibongkar, cukup lakukan trik berikut ini.

4 Kerusakan Kopling Panther Yang Sering Terjadi

Nyalakan mobil seperti biasa, masukkan gigi satu lalu lepas pedal kopling TANPA menurunkan rem tangan. Jika mobil terasa mau loncat dan mesin langsung mati, berarti kanvas masih bagus.

Namun jika ternyata mesin mobil menyala dengan normal, hal ini menandakan bahwa bantalan kopling sudah mulai aus dan perlu diganti.

Kopling / Pelindung Matahari Sudah Lemah

Per kopling yang ada pada cover kopling lama biasanya sudah tidak lentur lagi dan cenderung mengeras, nah komponen matahari atau dalam bahasa teknisnya cover kopling ini jika jarang diganti akan mengakibatkan kerasnya pedal kopling saat diinjak.

Penggantian paket dilakukan untuk menghindari keluhan seperti ini, atau jika ingin menghemat biaya, ganti penutup kopling setelah mengganti kampas kopling sebanyak dua kali.


Pedal Kopling Ambles Pada Isuzu Panther

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu masalah yang sering dialami para pengguna mobil Isuzu Panther mengenai kopling hidrolik, dimana pedal kopling terasa seperti mau tenggelam.

Menenggelamkan pedal kopling selain membuat kita tidak nyaman dan tidak bisa berpindah gigi dengan baik, juga akan berdampak pada habisnya bantalan kopling dalam waktu singkat.

Penyebab rata-rata pedal kopling terasa tenggelam adalah karena adanya kerusakan berupa kebocoran pada master kopling, baik master kopling bawah maupun master kopling atas.

Untuk pengecekan tinggal buka karet pelindung master kopling bawah dan cek apakah ada kebocoran cairan atau tidak. Jika terdeteksi adanya kebocoran pada master kopling, saya sarankan anda mengganti master kopling dengan yang baru.

Namun jika ternyata master kopling bawah tidak ada kebocoran oli, bisa jadi masalahnya ada di master kopling atas. Untuk masalah yang satu ini biasanya terjadi karena karet gelang yang bertugas mendorong cairan sudah aus, Anda bisa memperbaikinya dengan menggunakan repair kit.


Kopling Bunyi Saat Di Injak Di Mobil Panther

seiring dengan penggunaannya maka komponen kopling juga akan rusak, kebanyakan yang pertama kali rusak adalah kampas kopling yang sudah aus, namun kemungkinan juga bantalan pelepas dan bantalan pilot yang bermasalah.

Biasanya jika vet bearing release atau grease sudah kering akan menyebabkan ball bearing aus dan menjadi oblak. Nah, bagian oblak atau kocak dari bantalan pelepas akan mengeluarkan suara melengking saat pedal kopling ditekan.

Komponen ini termasuk komponen sekali pakai, artinya jika rusak tidak dapat diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru.

Saran terbaik adalah saat Anda mengganti kampas kopling, periksa pelepasan dan bantalan pilot. Jika Anda merasa putaran kasar, sebaiknya ganti saja.


Penyebab Kopling Nyeplos Pada Panther

Banyak kasus selip kopling Isuzu Panther, hal ini disebabkan kekuatan seal master kopling bawah yang sudah mulai melemah, bocor dan akhirnya slip.

Kalau sudah begini, pasti membuat kita pusing tujuh keliling, apalagi kalau menyelinap di tempat sepi, tidak ada orang sehingga sulit mencari pertolongan.

Nah untuk meminimalisir kejadian seperti ini, secara berkala kita perlu mengecek secara visual master kopling bawah, biasanya pengecekan ini dilakukan bersamaan dengan pengecekan understeel dan kebocoran lainnya seperti gardan, transmisi atau mesin jika ada.


Ganti kit perbaikan atau set lengkap?

Jika pada saat pemeriksaan diketahui master kopling bawah mengalami rembesan, apa yang harus dilakukan? Perbaiki dengan repair kit, atau ganti saja dengan full set alias lengkap?

Untuk masalah ini, sangat disarankan untuk mengganti secara lengkap alias full set saja. Karena rata-rata master kopling yang diperbaiki tidak bisa bertahan lama. Bisa jadi 3 sampai 4 bulan sudah merembes kembali, pada beberapa kasus malah belum melorot sampai 2 bulan, sehingga terkesan boros beli repair kit + jasa repair.

Dengan mengganti master kopling baru memang terlihat lebih mahal karena harganya di atas 300 ribu, namun akan terlihat lebih irit karena lebih awet dan memiliki masa pakai yang lama.

Untuk master kopling bawah sangat disarankan menggunakan suku cadang asli Isuzu, anda bisa membelinya di bengkel resmi Isuzu, atau di toko khusus yang menyediakan suku cadang asli Isuzu.

Oh iya, ada baiknya kalau beli lebih dari satu buat stok kalau suatu saat kopling slip di jalan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar