--> Skip to main content

Fungsi Tutup Radiator Panther Dan Sistem Kerjanya

Fungsi Tutup Radiator Panther Dan Sistem Kerjanya - Pernahkah Anda mengalami overhead pada mesin kendaraan yang kemungkinan disebabkan oleh tersumbatnya aliran cairan radiator sehingga asap mengepul dari dalam ruang mesin? Segera pindahkan mobil Anda ke samping dan matikan mesin agar tidak terjadi kerusakan kepala silinder pada mobil Anda.

Periksa apakah kondisi air radiator sudah habis atau masih ada, jika ternyata sudah habis maka segera tambahkan air radiator dan hubungi bengkel resmi terdekat di kota anda. Nomor darurat tertera di buku servis kendaraan.

Penutup radiator pada sistem pendingin mesin mobil juga perlu dirawat dengan baik. Karena jika tidak dirawat akan menyebabkan kerusakan pada radiator.

Karena pada cover radiator terdapat mekanisme otomatis yang berfungsi mengalirkan air radiator ke tangki cadangan dan sebaliknya.

Fungsi Tutup Radiator Panther Dan Cara Kerjanya

Masalah yang sering menyerang tutup radiator biasanya klep mekanik tertutup karat sehingga macet. Karat ini berasal dari permukaan dinding saluran coolant yang rontok, dan bersirkulasi bersama air radiator akibat malasnya pemilik mobil untuk menguras radiator secara berkala.

Selain itu, masalah lain yang menerpa adalah pelapisan bagian rubber seal yang berada di bibir tutup radiator karena sudah termakan usia.

Kerusakan pada tutup radiator dapat menyebabkan radiator bocor karena kelebihan tekanan air pada radiator tidak dapat dialirkan ke tangki cadangan.

Dan dapat menyebabkan mesin mengalami overheating saat radiator kekurangan air. Biasanya saat radiator kekurangan air akan menyedotnya dari tangki cadangan. Nah, karena klep macet, air di tangki cadangan tidak bisa tersedot dan akhirnya kepanasan.

Nah, meski terlihat sepele, dampaknya sangat mengerikan, kan kalau sampai rusak? Maka dari itu Anda perlu memeriksa dan mengganti tutup radiator mobil kesayangan Anda secara berkala.

Efek Membuka Tutup Radiator Pada Saat Panas

Perlu di ingat saat ingin menambahkan air radiator pastikan mesin dalam keadaan DINGIN, jangan pernah membuka tutup radiator saat mesin masih panas, hal ini dikarenakan air di dalam bisa menyembur keluar dan akan melukai (muka).

Sistem Kerja Tutup Radiator Pada Panther

Tutup radiator tidak kalah pentingnya dengan komponen sistem pendingin lainnya, terutama dalam menjaga keawetan radiator itu sendiri dari resiko kerusakan atau ledakan akibat rusaknya tutup radiator atau yang dikenal dengan radiator cap.

Hal ini dikarenakan pada tutup radiator terdapat pressure valve yang berfungsi untuk mengalirkan kelebihan air panas ke dalam tangki reservoir.

Cara kerja tutup radiator sangat sederhana, saat suhu air pendingin di dalam mesin panas, thermostat akan membuka dan mengalirkan air pendingin panas dari dalam mesin keluar ke radiator dan menyedot air dingin pada gril radiator ke dalam saluran pendingin. mesin menggunakan pompa air.

Fungsi Tutup Radiator Panther Dan Sistem Kerjanya

Jika mesin mobil overheat maka proses akan semakin cepat sehingga semakin banyak air yang keluar dari mesin menuju radiator sambil tersedot ke dalam mesin sehingga mesin mobil cepat dingin.

Akibat banyaknya air yang dikeluarkan, kapasitas tangki radiator menjadi terlalu penuh, sehingga air panas bertekanan tinggi pada tangki di atas radiator mampu mendorong katup ke atas sehingga air panas ini akan dimuntahkan ke dalam tangki. waduk. atau tangki cadangan radiator. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar skema di bawah ini.

Apakah berbahaya jika sering membuka tutup radiator?

Tingkat bahaya dari terlalu sering membuka tutup radiator sebenarnya tidak ada sama sekali karena penulis sendiri juga sering membuka tutup radiator secara berulang-ulang, kecuali jika anda membukanya saat mesin mobil panas dan mati, jadi jika membukanya dalam kondisi ini, tentu saja sangat berbahaya. karena air panas di radiator tadi akan langsung menyembur ke wajah anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar