--> Skip to main content

Membuat Email Itu Mudah

Membuat Email Itu Mudah - Banyak orang yang masih awam dan masih bingung bagaimana cara membuat email. Mereka yang belum sama sekali bahkan awam untuk membuat email akan kesulitan serta takut untuk belajar membuat email. Padahal membuat email itu mudah sekali.

Yang perlu dipahami dahulu adalah apa itu email, manfaat apa yang dapat diperoleh jika memiliki email, bagaimana cara membuat email, dan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat email dan banyak hal yang harus diketahui tentang email.

Pada prinsipnya bagi anda yang awam bagaimana membuat email, jangan khawatir. Membuat email itu sangatlah mudah. Tidak perlu khawatir salah ataupun keliru, anda dapat mengulangi jika ada kesalahan ataupun kekeliruan dalam proses membuat email, jadi jangan khawatir duluan yach...

Membuat Email Itu Mudah

Membuat Email Itu Mudah cara fungsi manfaat
Ilustrasi : Penyedia layanan email elektronik yang ada di gawai / smartphone

Mengenal Email Lebih Dekat

Apa Itu Email

Mari terlebih dahulu mengenal apa itu email. Email adalah kepanjangan dari kata Elektronik Mail yang artinya dalam bahasa Indonesia ialah Surat Elektronik. Surat Elektronik ini menggantikan peranan surat yang dahulu ditulis diatas kertas.

Saat ini mengirim surat dilakukan melalui media internet menggunakan surat elektronik tersebut. Pengiriman melalui media internet tersebut bisa melalui komputer atau handphone yang memiliki akses internet atau data.

Jadi anda tidak lagi butuh untuk menulis surat dikertas dan membeli perangko atau bayar jasa pengiriman, hanya butuh membuat email dan mengirim surat atau menerima surat elektronik dengan mudah.

Fungsi Email

Saat ini, Email hampir menjadi sebuah identitas diri di dunia maya, hal ini terjadi karena hampir seluruh fungsi dalam aktivitas kita di dunia maya menyaratkan adanya email ini. Anda juga perlu tahu apa saja manfaat sekaligus fungsi email.

Beberapa manfaat serta kemudahan yang bisa anda dapatkan ketika anda mulai membuat email untuk anda dalam melakukan berbagai hal ataupun transaksi elektronik di dunia maya bisa anda cermati dalam penjelasan sebagai berikut :

Kirim Surat Cepat Dan Mudah

Surat yang anda kirim ini dapat berisi teks atau tulisan, dokumen, gambar biasa atau animasi, serta lampiran lainnya langsung dikirim lewat jaringan internet ke orang pribadi maupun kelompok tertentu.
Pengirimian surat tersebut hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja dan ini jauh lebih baik dari pengiriman surat atau barang pada saat tempo dulu. Hanya dengan berani memulai membuat email saat ini maka urusan surat menyurat anda jadi lebih mudah.

Mendaftar Perangkat Gawai Baru

Pada era smartphone/gawai saat ini, ketika anda baru membeli  gawai dan mulai menggunakannya, anda akan diminta untuk memasukkan email terlebih dahulu. Jika anda belum memiliki, anda diharuskan membuat email pribadi untuk menjaga privasi anda ketika menggunakan gawai tersebut.

Terhubung Media Sosial

Setelah anda memiliki gawai baru, berbagai macam aplikasi yang membantu anda untuk tetap datap terhubung dengan lingkungan sosial baik teman, kerabat, saudara, keluarga, dan lainnya. Anda dapat menggunakan berbagai macam aplikasi media sosial.

Nah, email memiliki andil besar dalam menjalankan aplikasi – aplikasi tersebut karena penyedia layanan aplikasi tersebut benar- benar menyaratkan / megharuskan anda untuk memiliki email dan memasukkannya saat anda ingin menggunakan layanan media sosial tersebut.

Jika anda belum memiliki, maka penyedia layanan media sosial seperti facebook, tiktok, instagram, dan yang lainnya akan mengarahkan anda untuk terlebih dahulu membuat email dengan langkah – langkah yang mudah.

Setelah anda memahami manfaat dan fungsi membuat email, anda dapat memulai untuk melangkah membuat email itu mudah dengan mengikuti penjelasan dibawah ini.


Cara Membuat Email Yang Mudah Di Gawai ( HP )

Membuat Email Itu Mudah Cara fungsi manfaat


Cara membuat email baru wajib di anggap mudah agar anda tidak khawatir telebih dahulu sebelum memulai. Gambaran mudahnya, anda hanya perlu mengikuti urutan – urutan pengisian data diri yang muncul dilayar gawai / hp anda.

Setelah itu, kamu tinggal mengisi dan mengikuti langkah-langkah berikutnya dan tidak perlu terburu – buru dalam proses membuat email sesuai dengan petunjuk dari penyedia layanan yang kamu pilih. Disini saya akan memberikan contoh pada salah satu domain yang banyak digemari yaitu G-mail.

G- mail adalah penyedia layanan yang merupakan singkatan dari google mail. Karena jasa layanan ini diberikan secara gratis bagi para penggunanya oleh google khusus untuk kepentingan pribadi anda. Google sendiri juga menyediakan jasa gmail berbayar untuk keperluan usaha atau bisnis anda.


Langkah - langkah cara mebuat Gmail baru di Gawai / HP :

1. Cari menu setting / setelan / pengaturan di gawai,

2. Jika sudah, cari menu account /akun. Pilih add account atau tambah akun,

3. Cari logo Google, Klik lalu muncul pilihan 'sign in' dan 'create a new account', lalu klik create a new account / buat akun baru,

4. Isi nama depan dan nama belakang, lalu klik next / lanjut,

5. Isi tanggal lahir dan jenis kelamin, lalu klik next / lanjut,

6. Ketikkan kombinasi nama dan angka yang ingin digunakan sebagai username kamu / alamat email anda nantinya, lalu klik next / lanjut
- Jika ternyata muncul peringatan tulisan berwarna merah  “That username is taken. Try another.” itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka. Jika sudah, klik next / lanjut,

7. Selanjutnya adalah membuat password email. Diharuskan menggunakan 8 karakter, bisa menggunakan kombinasi huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Untuk mempermudah, anda dapat menampilkan karakter pasword yang anda ketik.

Lakukan tangkap layar atau screenshoot untuk menghindari anda lupa alamat email dan pasword yang sudah dibuat.

Wajib samakan isian kolom atas dengan bawah di pengisian pasword tersebut . Nah sampai tahap ini anda agar tidak lupa lakukan screenshoot / tangkap layar di seluruh bagian pengisian pasword. Jika sudah, klik next / lanjut,

8. Selanjutnya, akan muncul kotak Privacy and Terms, lalu klik pada tombol 'I Agree',

9. Pada bagian akhir tampak konfirmasi username dan password. Klik next / lanjut,

Secara otomatis layanan akan memproses pengajuan pembuatan email baru tersebut. Setelah itu akan ada notifikasi yang menjelaskan bahwa akun email anda telah dibuat dan berhasil.

Itulah cara membuat email baru di gawai / hp menggunakan layanan G-mail. Sangat mudah bukan, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan.
 

Cara Membuat Email Yang Mudah Di Komputer PC Atau Laptop

Selain cara buat email baru di HP, kamu juga bisa membuatnya di komputer atau laptop. Langkah / cara membuat email baru di komputer PC atau laptop ini bahkan bisa dikatakan lebih mudah lagi dibandingkan dengan membuat di gawai / hp.

Langkah - langkah cara mebuat Gmail baru di komputer atau laptop :

1. Buka web browser bisa chrome, google, atau voice assisten, ketik  alamat atau perintahkan membuka www.gmail.com pada web browser /voice assisten,

2. Kemudian, klik create an account, sebuah animasi kotak mail akan tampil,

3. Sama seperti penjelasan sebelumnya cara membuat email di gawai, Isi data diri anda dengan lengkap. Pada isian setelah nama, kamu bisa memilih nama atau mengetik sesuai keinginan untuk username,
- Jika ternyata muncul peringatan tulisan berwarna merah  “That username is taken. Try another.” itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka. Jika sudah, klik next / lanjut,

4. Lalu, isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar,

Lakukan tangkap tayar atau printscreen untuk menghindari anda lupa alamat email dan pasword yang sudah dibuat

5. Setelah itu, klik “Next Step”, akan muncul agreement / persetujuan / kotak persyaratan, klik pilihan pada “I Agree”, Dan anda sudah memiliki akun Gmail sekarang.

Itulah cara membuat email baru baru di komputer PC / laptop, Sangat mudah bukan, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan serta tidak membutuhkan waktu lama. Begitu anda memiliki akun email, andasegera bisa menikmati berbagai macam fungsi email dan menghubungkan dengan aplikasi lain yang dibutuhkan.
 

Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar